Tanaman Tanjung

Tanaman Tanjung (Mimusops elengi)                                by amrullah

1. Sistematik Tanaman

Menurut Martawijaya, dkk (1989) bahwa sistematika dari tanaman tanjung (Mimusops elengi) adalah sebagai berikut:

Regnufcn       : Plantae

Divisio             : Spermatophyta

Sub divisio   : Angiospermae

Class             : Dicotyledoneae

Ordo               : Ebenales

Family            : Sapotaceae

Genus            : Mimusops

Species          : Mimusops elengi

Batang dari tanaman ini bersudut dan pada pohon yang sangat tua terkadang keras dan padat, berserat halus tetapi dapat dengan mudah retak. Sehingga orang jarang menggunakannya tetapi dalam air dapat bertahan lama (Soerodjotonoio. 1972).

2. Tempat Tumbuh

Tanaman tanjung (Mimusops elengi) diperkirakan terdiri dari 40 marga dan 600 jenis. Terutama sekali merupakan pohon tropika, umumnya di Asia dan Amerika Serikat Tumbuhan ini diduga berasai dari India kemudian menyebar ke Burma (Myanmar), Srilangka dan daerah tropika lainnya (Tantra, 1980).

Tanjung (Mimusops eiengi) berukuran sedang dan dapat juga kecil. Biji-bijinya bila berkecambah dapat dipergunakan untuk perkembangbiakkannya dari cangkokan. Dapat tumbuh pada tanan berpasir, di dataran rendah yang terbuka. tumbuh baik pada ketinggian kurang dari 800 meter di atas permukaan laut (Fantra, 1980).

3. Iklim

Tanaman tanjung mi bias tumbuh ditempat yang berikiim tropika. Seiain itu tanaman itu mudah sekaii di dapatkan disekitar jatan – jalan protocol. Tanaman tanjung ini kurang cocck tumbuh di daerah subtropika karena ikiimnya tidak sesuai dengan pertumDunan tanaman tanjung ini untuk baerkembang biak (Tantra, 1981).

4. Tanah

Hubungan warna tanah dengan kandungan bahan organic didaerah tropika sering tidak sejalan dengan didaerah beriklim sedang (Amerika, eropa). tanah-tanah meran di Indonesia banyak yang mempunyai kandungan bahan organic lebih dari satu persen, sama dengan kandungan bahan organik tanah hitam (Mollisol) di daerah beriklim sedang (Harjowigeno, 2003).

Tanah mempunyai peranan yang penting bagi proses pertumbuhan bagi tanaman khususnya tanaman tanjung, dimana apabila kondisi tanah kurang baik atau kurang subur karena hara yang dimiliki atau yang dikandung sangat sedikit maka pertumbuhan juga akan terhambat (Soekotjo, 1992).

5. Pemanfaatan

Tanaman tanjung banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung yang terdapat pada jalan – jalan protokol. Seiain itu buah tanjung banyak dimakan oleh burung sehingga penyebaran bibitnya mudah menyebar karena bantuan burung yang memakan buahnya dan menjatuhkannya di tempat yang lain (Tantra, 1981).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: