Kayu Jati (Tectona grandis)

amrullah

Jati (Tectona grandis) terkenal sebagai kayu komersil bermutu tinggi. Penyebaran alami meliputi negara-negara India, Birma, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia jati terdapat di beberapa daerah seperti Jawa, Muna, Buton, Maluku dan Nusa Tenggara. Pohon jati cocok tumbuh di daerah musim kering agak panjang yaitu berkisar 3-6 bulan pertahun. Besarnya curah hujan yang dibutuhkan rata-rata 1250-1300 mm/tahun dengan temperatur rata-rata tahunan 22-26° C. Daerah-daerah yang banyak ditumbuhi Jati umumnya tanah bertekstur sedang dengan pH netral hingga asam (Irwanto, 2006).

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu perdagangan Indonesia. Kayu ini mempunyai berat jenis 0,70, kelas awet I – (II) dan kelas kuat II. Pola-pola lingkaran tahun pada kayu teras nampak jelas, sehingga menghasilkan gambaran yang indah. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi meubel taman, meubel interior, kerajinan, panel, dan anak tangga yang berkelas (Brain, 2010).

Jati menghasilkan kayu yang sangat berharga dan dapat dipakai untuk memenuhi berbagai macam keperluan karena mempunyai kelas awet yang tinggi, dimensi yang stabil, dekoratif dan mudah dikerjakan. Karena itu dipulau Jawa, jati sangat disukai oleh masyarakat sebagai bahan untuk membuat rumah, meubel, alat-alat pertanian dan lain-lain (Anwar, 2000).

Sudah sejak lama jati digunakan untuk berbagai keperluan manusia, tidak hanya terbatas pada penggunaan untuk konstruksi bangunan tetapi juga berbagai produk lain. Industri pengolahan kayu jati dengan skala kecil memanfaatkan kelebihan sifat dekoratif dan keawetan kayu jati sebagai bahan baku pembuatan meubel (Fahry, 2002).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: