Meubel

Meubel adalah perkakas rumah tangga seperti meja, kursi dan lemari yang biasanya terbuat dari kayu atau benda pakai yang dapat dipindahkan, berguna bagi kegiatan hidup manusia, mulai dari duduk, tidur, bekerja, makan, bermain, dan sebagainya yang memberi kenyamanan dan keindahan bagi para pemakainya (Anonim, 2011).

Pengolahan meubel dapat didasarkan pada perbedaan bahan dan sistem susunannya. Pembagian meubel secara umum dibedakan atas 5 tipe, yaitu meubel kayu utuh, meubel bingkai, meubel yang dilaminating dengan plastik (melamine), meubel papan partikel dan meubel papan partikel kerapatan rendah (Andreu, 1989).

Berbagai jenis kayu jati hampir menjadi pilihan sebagai bahan meubel. Dari dulu sampai sekarang pemakai meubel memberikan penilaian yang tinggi kepada jati karena tekstur dan warna alamnya serta pola gambar sangat indah. Nilai guna atau nilai pakai meubel jati berkaitan pula dengan ketahanan dan keuletan bahan yang menjamin kekuatan konstruksi dan teknik pembuatan (Gunawan, 1982).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: