Permintaan

amrullah

Permintaan adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut selama periode waktu tertentu. Hukum permintaan menjelaskan sifat keterkaitan antara permintaan suatu barang dengan harganya. Hukum permintaan pada hakekatnya merupakan suatu hipotesa yang menyatakan “makin rendah harga suatu barang, makin banyak permintaan atas barang tersebut, sebaliknya makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit permintaan atas barang tersebut”. (Sukirno, 2001).

Menurut Putong (2000), permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Permintaan seseorang atau masyarakat atas suatu barang ditentukan oleh beberapa faktor yaitu :

1.      Harga barang-barang lain

Keterkaitan antara sesuatu barang dengan berbagai jenis barang lainnya dapat dibedakan atas : barang lain itu merupakan penggenap, dan barang lain itu tidak mempunyai kaitan sama sekali dengan barang yang pertama (barang netral).

2.      Pendapatan para pembeli

Pendapatan para pembeli merupakan faktor yang sangat penting di dalam menentukan corak permintaan ke atas berbagai jenis barang. Berdasarkan kepada sifat perubahan permintaan yang akan berlaku bila pendapatan berubah, berbagai jenis barang dapat dibedakan menjadi: barang inferior, barang esensial, barang normal, dan barang mewah.

3.      Distribusi pendapatan

Distribusi pendapatan juga dapat mempengaruhi corak permintaan terhadap berbagai jenis barang. Sejumlah pendapatan masyarakat yang tertentu besarnya akan menimbulkan corak permintaan masyarakat yang berbeda apabila pendapatan tersebut diubah corak distribusinya.

4.      Cita rasa masyarakat

Pada tahun 1960-an hanya sedikit sekali orang yang suka menggunakan mobil-mobil buatan Jepang. Tetapi dalam tahun 1970-an suasananya sudah sangat berubah. Di berbagai negara di dunia mobil buatan Jepang semakin populer dan banyak digunakan orang. Sebagai akibatnya permintaan atas mobil buatan Amerika dan Eropa sangat merosot sekali. Contoh ini menggambarkan bagaimana perubahan cita rasa masyarakat mempengaruhi permintaan.

5.      Jumlah penduduk

Pertambahan penduduk tidak dengan sendirinya menyebabkan pertambahan permintaan. Tetapi biasanya pertambahan penduduk diikuti oleh perkembangan dalam kesempatan kerja. Dengan demikian lebih banyak orang yang menerima pendapatan dan ini menambah daya beli dalam masyarakat. Pertambahan daya beli ini akan menambah permintaan.

6.      Ramalan mengenai masa datang

Ramalan para konsumen bahwa harga-harga akan   menjadi bertambah tinggi di masa depan akan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak pada masa ini, untuk menghemat pengeluaran pada masa yang akan datang.

Fungsi permintaan pasar akan sebuah produk menunjukkan hubungan antara jumlah produk yang diminta dengan semua faktor yang mempengaruhi permintaan tersebut. Jika ditulis dalam bentuk umum fungsional, fungsi permintaan tersebut bisa disajikan dengan cara berikut (Winardi, 1990):

Qnd = f (Pn,Pi Pn-1,Y,T)

Keterangan :

Qnd =   Jumlah barang tertentu yang diminta oleh rumah tangga yang

bersangkutan yakni barang merek n

f                       =   Notasi fungsi

Pn =   Harga barang merek n tersebut

Pi, ……., Pn =   Harga semua barang-barang lain

Y                     =   Pendapatan rumah tangga yang bersangkutan

T                      =   Selera para anggota rumah tangga yang bersangkutan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: